SPANDUK Rp. 6.500,-/m Hub: 021-70161620, 021-70103606

Fidel Castro Kuasai Kuba

| | |

Selama 1959 hingga 2008, pemimpin pemberontak itu menjadi penguasa Kuba

Pada 52 tahun lalu, pasukan pemberontak komunis di bawah pimpinan Fidel Castro berhasil menguasai Kuba. Fulgencio Batista, presiden Kuba yang pro Amerika, melarikan diri ke luar negeri.

Menurut stasiun televisi BBC, sejak 1958, dukungan rakyat Kuba terhadap pasukan pemberontak pimpinan Castro terus menguat. Kebijakan tangan besi rezim Batista semakin menguatkan tekad rakyat untuk menjatuhkan pemerintah.

Sebelum meninggalkan Kuba, Presiden Batista menyerahkan kekuasaannya kepada sebuah junta militer yang kemudian menyerukan gencatan senjata. Namun ajakan tersebut ditolak Castro yang menyebabkan kekacauan merajalela di seluruh Kuba.

Setelah sempat melarikan diri ke Republik Dominika, mantan presiden Batista akhirnya menetap di Spanyol dan Portugal. Mantan kepala polisinya, Esteban Ventura, mendapat visa permanen untuk tinggal di Amerika Serikat pada tahun 1979.

Pada tanggal 2 Januari 1959, Castro mengambil alih pemerintahan Kuba. Tujuh bulan kemudian, ia diangkat menjadi presiden. Tindakan pertamanya adalah menasionalisasi perusahaan dan perkebunan gula milik AS di Kuba.

Sejak saat itu hubungan Kuba dan AS terus memanas yang memuncak pada krisis rudal Kuba pada tahun 1962.

Castro memimpin Kuba dari 1959 hingga 1976 dengan bergelar perdana menteri, sebelum akhirnya berganti status menjadi presiden. Seiring dengan kesehatannya yang memburuk, Castro akhirnya pensiun sebagai presiden pada Februari 2008 setelah menunjuk adiknya, Raul, sebagai pengganti.

• VIVAnews

0 komentar:

populer

Layak dibaca

IKUT TAMPIL....... BOLEH....?