SPANDUK Rp. 6.500,-/m Hub: 021-70161620, 021-70103606

Kemesraan Ani Yudhoyono dengaan Ayin

| | |
WAJAR bila Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar pertemuan khusus untuk membahas temuan pakar sosiologi korupsi George Junus Aditjondro. Soalnya, dalam bukunya, "Membongkar Gurita Cikeas di Balik Skandal Bank Century", dibeberkan kemesraan antara Ibu Negara Ani Yudhoyono dengan makelar kasus Arthalita Suryani alias Ayin.

George kepada Persda Network, Jumat (25/12) malam mengatakan, peran Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Arthalita mulai terlihat pada kegiatan yang selama ini diselenggarakan Yayasan Mutu Manikam Nusantara. Arthalita sendiri merupakan bendahara di yayasan tersebut.



"Banyak kegiatan dimana terlihat keakbraban antara Ibu Ani dengan Ayin. Ini kan mencurigakan karena Ayin adalah makelar kasus. Mungkin tidak sekaliber Anggodo, tapi dia punya hubungan agak khusus dengan Syamsul Nursalim (obligor BLBI)," ungkap mantan dosen di Universias Satya Wacana Salatiga itu.



Dikemukakannya, kedekatan Ani Yudhoyono dengan Ayin terlihat saat peresmian alun- alun Indonesia Grand Indonesia, Jakarta. "Itu merupakan proyek Gajah Tunggal, miliknya Syamsul Nursalim," ujarnya.



Kedekatan itu semakin terlihat ketika saat SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menghadiri acara pernikahan putra Ayin. "Ada foto-foto dimana SBY dan istri menghadiri pesta pernikahan anak Ayin," ungkapnya.



Mutu Manikam Nusantara adalah sebuah yayasan nirlaba yang merupakan himpunan para pecinta dan perajin perhiasaan. Pendirian yayasan itu diprakarsai oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono. Duduk sebagai ketua Perkumpulan Mutumanikam Nusantara adalah istri Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, yakni Herawatie Wirayuda.



Goerge menduga, Yayasan Mutu Manikam Nusantara merupakan satu dari enam yayasan yang menjadi pijakan untuk memobilisasi dana maupun suara pada Pemilu dan Pilpres 2009 untuk kemenangan SBY dan Demokrat. Tiga yayasan berafiliasi dengan kegiatan SBY, dan tiga yayasan lainnya mempunyai kedekatan dengan Ibu Negara Ani Yudhoyono.



Selain Yayasan Mutu Manikam Nusantara yang memiliki hubungan dengan Ani Yudhoyono, masih terdapat Yayasan Batik Indonesia dan Yayasan Sulam Indonesia. Dua yayasan ini juga terkait dengan Ani Yudhoyono. Yayasan Sulam Indionesia diketuai Triesna Wacik, istri Menbupar Jero Waci. Sedang Yayasan Batik Indonesia dipegang Jultin Ginandjar Kartasasmita, istri dari mantan Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita.



Masih menurut George, kedekatan Ani Yudhoyono dengan tiga yayasan itu karena Ibu Negara memiliki kedekatan kekuasaan. Apalagi, ketua ketiga yayasan ini merupakan para istri Kabinet Indonesia Bersatu I. Ibu Ani Yudhoyono sendiri pembina Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).



"Yayasan Batik Indonesia juga mencurigakan karena ada salah satu perusahaan batik yang baru berkembang tapi sudah melalang buana dalam waktu beberapa tahun yaitu batik alur. Batik alur ini kerap dipakai keluarga Cikeas dengan modelnya Annisa Pohan, dan cucu SBY," terangnya.



Sementara, ketiga yayasan yang memiliki kedekatan dengan SBY adalah Yayasan Puri Cikeas, Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian, dan Yayasan Majelis Dzikir SBY Narussalam.



Jajaran pengurus ketiga yayasan ini tidak terlepas dari konco-konco SBY di kabinet. Di Yayasan Puri Cikeas duduk sebangai ketua dewan pembina Menbudpar Jero Wacik. "Yayasan ini ini lebih banyak 'ber'main' di Jawa Barat, di sekitar Cikeas," ujar George.



Sementara di Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian (YKDK), empat anggota Kabinet Indonesia Bersatu II duduk selaku Dewan Pembina. Mereka ini adalah Menko Polhukam Marsekal Djoko Suyanto, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Kepala Badan Intelijen Negara Sutanto. Duduk sebagai bendahara adalah Dessi Natalagewa, adik dari Menlu Marty Natalegawa.



"Yayasan ini pernah disebut dalam laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima dana PT Mulia Graha Tatalestari sebesar 1 juta US$ yang dikomandoi Joko Chandra," ungkapnya.



Pada Yayasan Majelis Dzikir SBY Narussalam juga memiliki kekerabatan dengan SBY. Hartanto Edhie Wibowo, adik kandung Ani duduk sebagau bendahara



Menurut George, bersama Yayasan Puri Cikeas, Yayasan Majelis Dzikir SBY Narussalam ini menjadi 'jembatan penghubung' keluarga SBY dengan sejumlah pengusaha. Mereka di antaraya Sukamdani dan anaknya, Hariadi, Tanri Abeng dan anaknya, Emir Abeng, serta Aziz Mochdar, mitra bisnis Bambang Trihatmodjo dan adik Muchsin Mohdar. Muchsin sendiri adik ipar BJ Habibie.



"Yayasan Majelis Dzikir SBY Narussalam punya canang di 33 propinsi. Yayasan ini sudah menyelanggarakan umroh lima gelombang untuk masing-masing gelombang sebanyak 50 ulama. Padahal biaya umroh itu 10 juta real, nah itu uang siapa. Kemudian, setiap kali berzikir di akhir tahun ada zikir untuk kemenangan SBY, dan itu ribuan orang yang kemudian ditraktir makan di Istana Negara," pungkasnya. (Persda network/ade)

sumber pos kupang

0 komentar:

populer

Layak dibaca

IKUT TAMPIL....... BOLEH....?