SPANDUK Rp. 6.500,-/m Hub: 021-70161620, 021-70103606

Inilah Film-film yang Senasib dengan "Balibo"

| | |
Pelarangan pemutaran terhadap film di ajang Jakarta International Film Festival atau JIFFest bukan kali ini saja terjadi. Pada penyelenggaraan JIFFest tahun 2006, pelarangan serupa juga terjadi. Sebanyak lima film ditolak penayangannya oleh Lembaga Sensor Film (LSF). Seperti apa kisah film itu, berikut sinopsisnya:

PROMISED PARADISE, Sutradara Leonard Retel Helmrich (Belanda, 2006, Dokumenter, 70 menit)
Sinopsis: Agus, dalang wayang kulit, berusaha mencari akar terorisme di Indonesia. Dia bertemu dengan Imam Samudra, dalang bom Bali tahun 2002, dan juga berbicara dengan pelaku bom bunuh diri lewat bantuan paranormal Master Leo.

BLACK ROAD, Sutradara Willian Nessen (Australia, 2005, Dokumenter, 52 menit)
Sinopsis: Jurnalis dan sutradara William Nessen membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikan film yang menceritakan perjuangan Aceh melepaskan diri dari Indonesia. Selama masa pembuatan film, William terperangkap ke dalam konflik yang berkepanjangan di Aceh. William harus menghadapi dilema untuk terus menjadi seorang pengawal yang netral di daerah berbahaya tersebut.

PASSABE, Sutradara James Leong dan Lynn Lee (Singapura, 2005, Dokumenter, 108 menit)
Sinopsis: Bercerita tentang sebuah desa di perbatasan Timor Leste dan Indonesia, yang penduduknya merupakan korban sekaligus saksi atas peristiwa pertumpahan darah menjelang proses jajak pendapat pada tahun 1999. Film ini mengisahkan usaha dan upaya penduduk untuk melakukan rekonsiliasi atas peristiwa dimaksud.

TIMOR LORO SAE, Sutradara Vitor Lopes (Portugal, 2003, Dokumenter, 12 menit)
Film pendek animasi yang penuh kreativitas dalam menceritakan sejarah Timor secara personal. Vitor Lopes menyajikan sejarah Timor melalui legenda dan tradisi yang menandai penciptaan teritorial Timor. Setelah lima ratus tahun penjajahan dan sempat dikuasai selama dua enam puluh tahun oleh Indonesia, Timor Lorosae adalah negara merdeka.

TALES OF CROCODILES, Sutradara Jan van den Berg (Belanda, 2003, Dokumenter, 60 menit)
Sinopsis: Rakyat Timor Timur berusaha memulihkan diri dari perjuangan panjang meraih kemerdekaan. Untuk mempersatukan rakyat, sebuah komisi rekonsiliasi dibentuk di Dili. Henk Rumbewas dari Papua menjadi relawan penerjemah pada badan PBB. Dengan segan, ia menyimak kisah teror yang pernah terjadi. (EH)

sumber okezone

0 komentar:

populer

Layak dibaca

IKUT TAMPIL....... BOLEH....?